IAAS Indonesia LC UB



Dear IAASer…

Assalamu’alikum wr wb



Gak terasa nih, sekarang sudah waktunya pengkaderan awal alias IOP. Mungkin buat temen2 yang baru gabung IAAS belum ngerti apa sih yang dimaksud dengan IOP itu sendiri. OK saya jelaskan, denger baik-baik ya (maksut saya baca hehehe)…



Maksud dan Tujuan

Menurut kitab undang-undang dasarnya IAAS Indonesia ato istilahnya PD/ PRT (Pedoman Dasar/Pedoman Rumah Tangga) IAAS Indonesia tahun 2005 Pasal 11 tentang Jenis Pengkaderan menyebutkan bahwa IOP atau singkatan dari IAAS Orientation Program merupakan program pengenalan IAAS dan jenjang pertama pengkaderan. Nah disini sudah jelas bahwa acara IOP itu sendiri merupakan acara atau even yang ditujukan untuk temen-temen mahasiswa yang belum ngerti IAAS, buat kenalan sama yang namanya IAAS, mulai dari pendirinya, pengurus yang ada di kantor pusat di Belgia sono ato biasa disebut HQ, pengurus tingkat nasional (NC), pengurus lokal atau LC, program kerjanya tiap departemen yang ada di LC sampai pengenalan wawasan keilmuan yang nantinya kita akan sering berhubungan banget yaitu: Agrokomplek atau pertanian termasuk peternakan dan perikanan.



Selain sebaagai program pengenalan IAAS, IOP juga disebutkan sebagai jenjang pertama pengkaderan. Jadi bisa dikatakan juga kalo IOP tuh diadakan untuk mencari penerus generasi dari IAAS itu sendiri nantinya, sehingga IOP merupakan syarat mutlak untuk jadi pengurus IAAS. Jadi intinya IOP sendiri tuh adalah acara buat kenalan bagi yang belum kenal, dan sebagai pengkaderan awal.



Dalam PD/PRT juga disebutkan kalua IOP minimal dilaksanakan satu kali setiap periode kepengurusan. Jadi tiap tahun IOP harus diadakan.



Apa saja yang dilakukan pada saat IOP?

Menrut PD/PRT IAAS (lagi) Materi pokok pada saat IOP ada 3 yaitu :



a. Pengenalan IAAS Internasional, Indonesia, dan Local Committee (LC).

  Jadi konsepnya pas IOP XVII nanti, pengenalan IAAS Internasional, Indonesia dan LC adalah dilakukan semacam presentasi oleh mas-mas atau mbak-mbak yang sudah ngerti banget tentang IAAS, mulai dari pengurusnya, struktur dan sistem organisasinya, trus sama tugas-tugas apa saja yang mereka lakukan selama jadi pengurus. Selain itu juga nanti akan disampaikan negasa apa saja yang gabung sama IAAS, terus di Indonesia sendiri ada berapa universitas yang ikut, nanti akan dijelaskan pada waktu IOP. Jadi peserta IOP XVII nanti diharapkan ngerti atau paling tidak sudah mempunyai gambaran tentang kepengurusan, struktur dan sistem organisasi dari IAAS itu sendiri, dan tahu negara mana saja yang bisa di tuju kalo pengen expro (pada pengen expro kan?). Sehingga setelah IOP XVII nanti temen-temen IOP bari sudah gak bingung lagi kalau temen-temen bilang NC, ND, LCD, NEXCO, CCNC, CCLC dan lain-lain.



b. Wawasan pertanian.

  Sesuai dengan misi IAAS yaitu to promote international understanding and the exchange of knowledge in agriculture and related fields yang intinya adalah sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman yang ada hubunganya dengan pertanian. Maka dari itu kita sebagai IAASer (sebutan buat anggota IAAS) juga harus tahu tentang pertanian, Maksud dari pertanian di sini adalah luas tidak hanya yang berhubungan dengan padi, peternakan, perikanan dan teknologi pertanian saja, tapi juga ilmu-ilmu tentang pertanian dari fakultas lain –jujur kalu dari kuliah saja masih kurang – iya kan?, dan teknologi baru yang sedang berkembang di dunia ini agar kita gak ketinggalan dengan negara-negara lain.



  Di IOP XVII kali ini, pengenalan pertanianya berupa pengenalan terhadap instansi yang berada di bawah departemen Pertanian yaitu Dinas peternakan tepatnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas Peternakan Kecamatan Singosari. Nanti temen-temen IOP XVII bakal dikenalkan dengan Peternakan, apa saja yang dilakukan oleh UPT Dinas Peternakan dalam membantu masyarakat Petani-ternak selama ini dalam memajukan bangsa dan bagaimana penerapan ilmu atau teknologi yang telah ditemukan oleh teman-teman kita di kampus untuk masyarakat. Sehingga dengan begitu kita akan tahu kondisi dan masalah yang ada di lapangan tentang pertanian itu sendiri, sehingga kita bisa memikirkan solusi apa untuk masalah tersebut dan me-share nya negan teman IAAS kita yang ada di belahan dinia lain.



c. Manajemen Organisasi dan kemahasiswaan.

  Dalam menjalankan suatu organisasi, seseorang harus tahu langkah apa yang harus dikerjakan untuk menyukseskan suatu tujuannya. Oleh karena itu dasar-dasar keorganisasian mutlak diperlukan oleh pengurus IAAS mendatang. Sehingga kader-kader IAAS mendatang setelah mengikuti IOP diharapkan cakap dan mampu dalam mengelola program kerja IAAS dengan baik dan mengerti pola dan langkah-langkah dalam mencapai tujuan itu.

 

  Selain itu motivasi, mental kepemimpinan, loyalitas dan rasa memiliki terhadap IAAS juga harus dibina, agar setelah mengikuti IOP ini, para IAASer dapat sungguh-sungguh dalam menjalankan kepengurusanya dan berniat untuk memajukan di IAAS. Selain itu rasa kekeluargaan perlu dibentuk dalam IOP ini, dengan tujuan agar di kepengurusan mendatang pengurus IAAS bisa lebih kompak dan solid dalam mengatasi suatu masalah dan memajukan IAAS untuk kedepanya.

 

  Pada IOP XVII kali ini pengenalan keorganisasian dan motivasi dikemas dalam games-games seru dan presentasi materi oleh mas-mas atau mbak-mbak yang sudah sangat mengerti tentang keorganisasian. Materi dalam pengenalan keorganisasian sendiri antara lain adalah: bagaimana membuat planning yang baik, bagaimana membentuk sebuah panitia, bagaimana mengevaluasi kegiatan dan lain-lain. Materi-materi tersebut selain dipresentasikan oleh mbak-mbak atau mas-mas, nantinya juga akan dipraktikan langsung melalui games-games seru. Sedangkan untuk motivasi selain disajikan dengan games juga dilakukan dengan semacam renungan dengan tujuan agar temen-temen bisa lebih menyadari betapa berharganya IAAS untuk kita dan betapa berharganya kita untuk IAAS.



Nah itulah penjelasan sedikit tentang IOP XVII. Semoga temen-temen dapat gambaran setidaknya tahu sedikit lah tentang IOP XVII. So kalo dilihat dari gambaran (tulisan) di atas, rugi banget kalo gak ikut IAAS, karena dengan begitu kita dapat pelajaran berharga, teman dan pengalaman yang kita gak tau kapan kesempatan itu datang lagi.



Ingatlah teman “hidup tidak akan berkesan kalau kita hanya melewatkanya tanpa kontribusi untuk memajukan peradaban ini”.



So, keep IAAS Spirit, Professional and Think Globally







Regards





Sohibul Himam Haqiqi

Staff HRD - IAAS LC UB

Categories:

One Response so far.

  1. Unknown says:

    wah tidak terasa sudah angkatan yang 17 untuk IOP... sukses terus untuk IAAS LC UB..

Leave a Reply